Pengertian dan macam macam sistem bilangan

Apa yang dimaksud dengan Sistem Bilangan ?  

Hasil gambar untuk sistem bilangan

System bilangan (number system) adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari item fisik. System bilangan yang banyak dipergunakan oleh manusia adalah system bilaadalah suatu cara untuk mewakili besaran dari item fisik. System bilangan yang banyak dipergunakan oleh manusia adalah system bilangan decimal. Selain bilangan decimal juga ada bilangan biner, oktal dan hexadecimal. Lebih jelasnya baca materinya berikut ini.
  • Bilangan Decimal
System ini menggunakan 10 macam symbol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9. System ini menggunakan basis 10. Bentuk dari nilai ini dapat berupa pecahan/integerdesimal. Integer decimal adalah nilai decimal yang bulat. Contoh system bilangan decimal.
sistem bilangan desimal integer bulat
sistem bilangan desimal integer bulat
Absolute value adalah nilai untuk masing-masing digit bilangan sedangkan position value adalah bobot atau penimbang dari masing-masing digit tergantung dari letak posisinya, yaitu bernilai basis dipangkatkan dengan urutan posisinya. Selain bilangan pecahan bulat juga ada pecahan decimal. Pecahan decimal adalah nilai decimal yang mengandung nilai pecahan dibelakang koma (,). Contohnya :
sistem bilangan desimal pecahan
sistem bilangan desimal pecahan
  • bilangan biner/binary
System bilangan biner merupakan 2 macam symbol bilangan berbasis 2 macam digit yaitu 0 dan 1. Contoh bilangan biner adalah 1001, untuk mengetahui bentuk desimalnya lihat gambar berikut ini
sistem bilangan biner
sistem bilangan biner
  • bilangan oktal
System bilangan oktal menggunakan 8 sibol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7. Yang perlu diperhatikan untuk mengetahui bentuk desimalnya adalah position value dari bilangan octal adalah perpangkatan dari nilai 8, contohnya :
sistem bilangan oktal
sistem bilangan oktal
  • bilangan Hexadesimal
Bilangan hexadecimal menggunakan 16 macam symbol bilangan berbasis 16 digit angka yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E dan F (A=10, B=11, C=12, D=13, E=14 dan F=15). Yang perlu diperhatikan untuk mengetahui bentuk desimalnya adalah position value dari bilangan hexadesimal adalah perpangkatan dari nilai 16, contohnya :
sistem bilangan hexadesimal
sistem bilangan hexadesimal
Title : Pengertian dan macam macam sistem bilangan
Description : Apa yang dimaksud dengan Sistem Bilangan ?   System bilangan ( number system)  adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari item f...

0 Response to "Pengertian dan macam macam sistem bilangan"

Post a Comment

Statistik

Kategori

Tips dan Trik (10) Tutorial (10) Software (5) Digital (4) Android (3) Linux (3) Game (2) Seo (1)