Transduser Elektromagnetik Antena

Antena

Antena

  suatu alat listrik yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi gelombang elektromagnetik kemudian memancarkannya ke ruang bebas atau sebaliknya yaitu menangkap gelombang elektromagnetik dari ruang bebas dan mengubahnya menjadi sinyal listrik.

Gelombang Elektromagnetik

   “Karena perubahan medan magnetic dapat menimbulkan medan listrik maka sebaliknya perubahan medan listrik akan dapat menimbulkan medan magnetik’’.
James Clerk Maxwell

 

Cara Kerja Antena


 mengalirkan dua buah logam dengan muatan listrik yang berbeda dan berubah-ubah(biasanya berupa sinyal sinus), sehingga akan muncul gelombang elektromagnet yang merambat ke arah tertentu.

   ketika gelombang elektromagnet tersebut bertemu dengan logam yang lain, maka gelombang tersebut akan mengakibatkan perubahan muatan pada logam tujuan yang nantinya bisa diterjemahkan menjadi sinyal listrik dan bisa diolah informasi yang dikirimkan.

Jenis Jenis Antena


1. Grid Antena
digunakan untuk Point to Point, atau Klien dari Akses Point

2. Antena Yagi adalah jenis antena radio atau televisi yang diciptakan oleh Hidetsugu Yagi. Antena ini dilengkapi dengan pengarah dan pemantul yang berbentuk batang.

3. Omni Directional

   Sebuah antena Omnidirectional adalah antena daya sistem yang memancar secara seragam dalam satu pesawat dengan bentuk pola arahan dalam bidang tegak lurus.

4. Sectoral

   Antena Sectoral hampir mirip dengan antena omnidirectional. Yang juga digunakan untuk Access Point to serve a Point-to-Multi-Point (P2MP) links. Beberapa antenna sectoral dibuat tegak lurus , dan ada juga yang horizontal. Digunakan pada jaringan seluler.


5. Parabolic

  Antena parabola adalah sebuah antena berdaya jangkau tinggi yang digunakan untuk komunikasi radio, televisi dan data dan juga untuk radiolocation (RADAR), pada bagian UHF and SHF dari spektrum gelombang elektromagnetik.


6. Microstrip




   antena  mikrostrip  biasa  yang  terdiri  dari sepasang lapisan konduktor paralel yang dipisahkan suatu medium dielektrik atau dikenal dengan nama substrat. Pada susunan ini, lapisan konduktor atas atau ”patch” berfungsi sebagai sumber radiasi dimana energi elektromagnetik menyusur tepian dari sisi  patch kedalam substrat. Lapisan konduktor bawah bertindak sebagai bidang  ground pemantulan sempurna, mengembalikan energi kembali melalui substrat menuju udara bebas.        
   Secara  fisik  patch berupa konduktor tipis yang merupakan bagian suatu panjang gelombang yang membentuk luas, yang paralel dengan bidang  ground. Bentuk  patch dapat berupa berbagai bentuk seperti segiempat, lingkaran, segitga dan sebagainya

Aplikasi Microstrip

•·      Mobile and satellite communication application
•·      Aplikasi GPS
•·      RFID
•·      WiMax
•·      WLAN
•·      Bandpass Filter
•·      Radar
•·      Aplikasi Telemedicine
Title : Transduser Elektromagnetik Antena
Description : Antena Antena   suatu alat listrik yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi gelombang elektromagnetik kemudian memancarkannya ke rua...

0 Response to "Transduser Elektromagnetik Antena"

Post a Comment

Statistik

Kategori

Tips dan Trik (10) Tutorial (10) Software (5) Digital (4) Android (3) Linux (3) Game (2) Seo (1)